Jl. Perjuangan Kec. Kesambi, Kota Cirebon (0231) 489926 fdki@uinssc.ac.id
Berita

Penguatan Kurikulum Berbasis OBE, Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam UIN Siber Syekh Nurjati Cirebon Gelar Rapat Kerja

Penguatan Kurikulum Berbasis OBE, Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam UIN Siber Syekh Nurjati Cirebon Gelar Rapat Kerja

Cirebon, 17 Juni 2025 — Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam (FDKI) Universitas Islam Negeri (UIN) Siber Syekh Nurjati Cirebon menggelar rapat kerja tahunan dengan tema “Penguatan Kurikulum Berbasis Outcome Based-Education (OBE)” hari pertama. Kegiatan ini berlangsung di Aula Flamboyan Hotel Grand Tryas, Kota Cirebon, Selasa (17/6), dan diikuti oleh jajaran pimpinan fakultas, dosen, serta tenaga kependidikan.

Rapat kerja ini bertujuan untuk menyusun strategi penguatan kurikulum berbasis capaian pembelajaran (OBE) yang selaras dengan kebutuhan dunia kerja, perkembangan teknologi digital, serta visi pendidikan tinggi keislaman yang adaptif dan progresif.

Dekan Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam, Dr. Naila Farah, M.Ag, dalam sambutannya menyampaikan pentingnya transformasi kurikulum untuk menjawab tantangan global dan memastikan lulusan memiliki kompetensi yang terukur dan relevan.

“Kegiatan ini bentuk tindak lanjut dari kegiatan workshop review kurikulum berbasis OBE (Outcome-Based Education) dengan narasumber dari Universitas Soedirman, Purwokerto. Hari ini saya dari fakultas, menagih bahwa prodak dari kegiatan kemarin sudah berbentuk hasil. Karna yang namanya kurikulum bukan hanya tugas dari pimpinan jurusan saja, tetapi itu tugas kita semua sebagai dosen” ujar Dr. Naila Farah, M.Ag.

Sejumlah agenda pembahasan turut dilakukan dalam rapat kerja ini, mulai dari evaluasi kurikulum berjalan, penyusunan dokumen RPS berbasis OBE, hingga penguatan kerja sama strategis dengan mitra eksternal, termasuk lembaga dakwah, media komunikasi Islam, hingga perguruan tinggi dengan skala internasional.

Kegiatan ini juga menjadi momentum konsolidasi antar unit akademik di lingkungan FDKI untuk membangun sinergi dalam mengimplementasikan kurikulum yang berbasis capaian pembelajaran dan berorientasi pada luaran yang berdampak.